Serunya Manasik Haji TK & SDIT Pelangi Bandar Lampung

Bandar Lampung – Menjelang hari raya Idul Adha 1440H, TK & SDIT Pelangi menggelar kegiatan manasik haji di playground, Jum’at (9/8/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ke para siswanya tentang apa saja yang dilakukan umat islam ketika melaksanakan ibadah haji.

Siti Khanifah, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SDIT Pelangi mengutarakan bahwa tahun ini pembelajaran manasik haji dilakukan di Sekolah, dengan menyulap playground menjadi tempat tawaf, sa’i, wukuf, dan lempar jumroh.

“Walaupun dilakukan di Sekolah, kami membuat suasana semirip mungkin seperti di Mekkah, para siswa-siswi lengkap menggunakan pakaian Ikhram mengelilingi replika Ka’bah dan maqom ibrohim sambil berlafadz takbir,” papar Hanif sapaan akrabnya

Ia juga memaparkan bahwa kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari pembelajaran teori ibadah Haji yang telah diberikan ke para siswa dikelas, tentunya dengan praktek langsung yang diselenggarakan pada hari ini dapat memberi gambaran dan pembelajaran pentingnya menunaikan rukun islam ke lima ini.

“Dalam peragaan manasik haji tidak hanya melakukan praktek saja, akan tetapi juga diiringi dengan bacaan-bacaan dan do’a-do’a seperti saat menunaikan haji yang sebenarnya di Baitullah, cuma durasi prakteknya saja yang dipercepat,” tambah Hanif

Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr.Andi Desfiandi, SE., MA mendukung kegiatan ini diadakan setiap tahun, karena ibadah haji adalah rukun Islam kelima sekaligus sebagai penyempurna keislaman seseorang. Maka sudah tentu memperkenalkan rukun haji dimulai sejak dini, karena ini menjadi bekal untuk para siswa untuk memperkuat iman dan memperbanyak pengetahuan tentang agamanya.

“Pembelajaran manasik haji sejak dini dapat memberikan gambaran atau bayangan ke para siswa tentang ibadah haji yang wajib dilaksanakan oleh umat islam, diharapkan pula dengan kegiatan ini dapat menjadi pengalaman bagi para siswa-siswi dan menjadi bekal jika dewasa nanti ingin melaksanakan ibadah haji atau umroh,” harap Andi (Humas/*F)