KSR Darmajaya dan Basarnas Lampung Gelar Latihan Bersama

Bandarlampung –  UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) KSR (Korp Sukarela) Darmajaya adakan pelatihan dan simulasi water recue bersama Basarnas (Badan SAR Nasional) Provinsi Lampung, Minggu (4/3). Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Batu Mandi dan ikuti oleh 13 mahasiswa Darmajaya yang tergabung dalam UKM KSR, mengambil tema ‘Membangun Rasa Kepeduliaan Serta Melatih Para Relawan Agar Tanggap Bencana dan Peduli Sesama’ kegiatan ini mengajarkan bagaimana cara menyelamatkan dan menangani korban yang tenggelam akibat banjir.

Yuli selaku ketua UKM KSR Darmajaya mengungkapkan, latihan bersama ini bertujuan untuk melatih anggota KSR Darmajaya agar cepat dan sigap dalam menangani korban bencana alam kususnya banjir.

“Pelatihan ini diadakan untuk melatih kesigapan team KSR saat berada di lokasi bencana alam, karena di Lampung rawan banjir, kami diajarkan bagaimana cara mengevakuasi korban  yang terjebak banjir, baik dalam keadaan terjebak dirumah maupun yang terseret air hujan,” ungkap Yuli

Ia juga menambahkan, team KSR Darmajaya juga diajarkan bagaimana cara mengevakuasi korban banjir yang sedang cedera agar saat dibawa tidak terjadi kesalahan yang fatal.

“Menolong korban tenggelam saat banjir maupun berenang di pantai itu ada tekniknya, jika kita asal-asalan menolong adanya kita sendiri yang kelelahan maka disini kami diajarkan berbagai macam teknik yang benar saat berada di lokasi bencana,” tambah Yuli

Dr. Andi Desfiandi, SE., MA selaku Ketua Yayasan Alfian Husin mengutarakan bahwa belakangan ini bencana longsor dan banjir sedang banyak terjadi dikawasan Indonesia karena intensitas hujan yang sedang tinggi, sehingga sudah sepatutnya mahasiswa yang tergabung dalam KSR Darmajaya mendapat pelatihan untuk bekal terjun di lokasi bencana alam.

“Team KSR Darmajaya bersama PMI (Palang Merah Indonesia) paling sering terjun langsung ke lokasi bencana alam di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya, sudah sepatutnya mereka dibekali ilmu dibidang kesehatan dan cara mengevakuasi korban bencana alam, agar saat berada di lokasi bencana alam mereka bisa lebih sikap membantu para korban yang membutuhkan,” ungkap Andi

Ia juga berharap latihan bersama dengan Basarnas ini dapat menambah pengetahuan seluruh team KSR Darmajaya. Sehingga saat terjadi bencana alam, mereka lebih sigap lagi dalam membantu dan mengevakuasi korban (*)