IIB Darmajaya Raih Anugerah KI Lampung 2018 Kategori PTN/PTS

BANDAR LAMPUNG — Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya meraih Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Lampung 2018. IIB Darmajaya meraih penghargaan itu bersama Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Metro. Anugerah KI 2018 diberikan langsung Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dan Ketua KI Lampung Dery Hendryan, S.I.P., S.H., M.H., Mediator, di Hotel Horison Bandar Lampung, Rabu (19/12/2018), kepada Kabag Humas, Publikasi, dan Dokumentasi, Lukman Hakim, S.P, mewakili Pimpinan IIB Darmajaya yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Perlis Malaysia.

Peraih Anugrah KI lainnya kategori PTN/PTS adalah Universitas Tulang Bawang (UTB). “Selamat atas kerja tim Darmajaya. Semoga ini akan memacu Darmajaya menjadi lebih baik lagi,” kata Rektor IIB Darmajaya Ir. H. Firmansyah Y. Alfian. MBA., M.Sc. Sedangkan, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya Prof. Ir. H. Zulkarnain Lubis, MS., Ph.D, mengucapkan rasa syukur atas anugerah ini. “Ini adalah kerja bersama semua bagian, unit dan Tim di IIB Darmajaya. Dengan prestasi ini, semakin memacu kita semua menjadi yang lebih baik di tahun mendatang, terutama dalam keterbukaan informasi,” kata Prof. Zulkarnain Lubis. Sementara, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dalam sambutannya mengatakan cukup prihatin dengan tidak terbukanya instansi pemerintah dan swasta terkait informasi publik.

Sebagai contoh, dari 39 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi Lampung, hanya 12 SKPD yang mengembalikan berkas. “Saya juga merasa bangga dengan perguruan tinggi swasta yang sangat terbuka dengan informasi publik,” kata Bachtiar Basri. Di lain pihak, Ketua KI Lampung Dery Hendryan mengatakan, pihaknya bukan ingin melakukan intervensi, namun hanya menjalankan UU Keterbukaan Informasi No. 14/2008. “Kalau pun ada perguruan tinggi swasta yang kami nilai, karena PTS juga mengumpulkan dana dari masyarakat. Sehingga, sesuai amanat undang-undang juga harus masuk dalam kriteria penilaian,” kata dia.

Dery juga menjelaskan, dari 19 PTN/PTS yang ada di Lampung dan dinilai Komisioner KI dan dilakukan visitasi, hanya ada 8 PTN/PTS yang masuk nominasi. Semua nominasi dinilai memenuhi syarat dan sangat terbuka soal informasi publik. “Selamat juga kepada perguruan tinggi swasta yang meraih penghargaan hari ini, IIB Darmajaya dan Universitas Tulang Bawang. Bagi nominator yang belum meraih Anugerah tahun ini, kami tetap memberikan Piagam Penghargaan. Bagi penerima Anugerah KI Lampung 2018, kami berharap lebih meningkatkan keterbukaan informasi publik,” kata (*F/RlsDarmajaya)