Hari Raya Idul Adha : Masjid Baitul Ilmi Darmajaya Bagikan Daging Hewan Kurban ke Masyarakat Lampung

Bandar Lampung-Masjid Baitul Ilmi Darmajaya membagikan 360 kupon daging kurban kepada masyarakat sekitar Darmajaya dan 4 Panti Asuhan yang berada di Lampung, Jum’at (01/09). Sebelum kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan, paginya Masjid Baitul Ilmi mengadakan sholat Ied Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 H yang diikuti oleh keluarga besar Yayasan Alfian Husin, Intitut Informatika dan Bisnis Darmajaya, serta masyarakat sekitar kampus Darmajaya.

Menurut Ibdi Irwanto, SE selaku koordinator pelaksana mengutarakan, tahun ini ada 4 sapi dan 1 kambing yang akan disembelih. Hewan kurban itu dari karyawan Darmajaya, Yayasan Alfian Husin, dan masyarakat sekitar IIB Darmajaya.

“Tahun ini Masjid Baitul Ilmi Darmajaya menyembelih 4 Sapi dan 1 Kambing, daging kurban akan dibagikan ke masyarakat dhuafa di sekitar Darmajaya dan 4 Panti Asuhan yaitu Bussaina, Surya Mandiri, Paguyuban Budaya Gita Larasati, dan Yayasan Puja Harmoni Jaya,” ungkap Ibdi

Ia juga menambahkan kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin Masjid Baitul Ilmi Darmajaya untuk melaksanakan penyembelehan hewan kurban, setiap tahunnya kupon yang dibagikan selalu bertambah.

“Kegiatan sholat Ied Idul Adha dan penyembelehan hewan kurban sudah menjadi agenda tahunan disini, kami karyawan setiap bulan selalu meyisihkan uang untuk ditabung dan dibelikan hewan kurban. Alhamdulillah tahun ini kami masih bisa berbagi dengan masyarakat sekitar Darmajaya, mudah-mudahan tahun depan rejeki karyawan Darmajaya semakin melimpah sehingga kami bisa kembali melaksanakan kegiatan ini,” harap Ibdi

Dr. Andi Desfiandi, SE., MA selaku Ketua Yayasan Alfian Husin melalui kegiatan tahunan ini juga mengutarakan bahwa Hari Raya Idul Adha mempunyai makna “berbagi” bagi umat muslim di seluruh dunia, karena tanggal 10 Dzulhijjah semua umat muslim di dunia berkumpul dan melaksanakan kewajiban dari Allah yaitu menyembeleh hewan kurban dan dibagi-bagikan ke masyarakat yang kurang mampu.

“Di Hari Raya Idul Adha ini kita belajar bersyukur atas apa yang kita punyai hingga hari ini, karena di hari kurban ini kita diajarkan untuk bisa menyisihkan harta kita untuk membelikan seekor kambing atau sapi, yang nantinya dagingnya di bagi-bagi ke masyarakat yang kurang beruntung,” ungkap Andi

Dr. Andi Desfiandi juga berharap penyembelehan hewan qurban yang dilaksanakan oleh Yayasan Alfian Husin dan IIB Darmajaya di Masjid Baitul Ilmi tidak hanya menjadi investasi akhirat melainkan bisa memaknai arti kesabaran dan keikhlasan sesuai dengan yang diperlihatkan Nabi Ibrahim A.S ketika harus menyembeleh putranya sendiri Ismail A.S.

“Berkurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan berkurban kita diajarkan dalam kesabaran dan keikhlasan, ikhlas berbagi dengan saudara mukmin yang kurang mampu dan bersabar akan semua ujian yang Allah berikan ke kita,” harapnya (*)