Hadirkan Mahasiswa Asing, Kegiatan The 3rd International Outbound Darmajaya Makin Seru

Bandarlampung – The 3rd International Outbound yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya tahun ini makin seru. Mengambil tema Be Bold : I Challenge the World menghadirkan 12 mahasiswa asing asal Vietnam, India, Kenya, Kamboja, dan Malaysia membuat suasana outbond yang diselenggarakan di Wira Garden Bandar Lampung semakin meriah, Minggu (05/11/17).

Menurut Rahmalia Syahputri selaku Kepala KUHI mengutarakan tahun ini peserta yang ikut kegiatan outbound dari mahasiswa dan pelajar berjumlah 134 orang. Kalau dibandingkan dengan tahun kemarin terjadi peningkatan peserta.

“Peminat kegiatan Internasional Outbound Darmajaya setiap tahunnya meningkat, tahun ini saja kami hanya berikan 120 kuota tapi karena permintaan terus bertambah akhirnya kami membuka kuota peserta sampai 134 peserta,” ungkapnya

Ia juga menjelaskan pembatasan kuota peserta bukan karena Darmajaya tidak ingin merangkul mahasiswa atau pelajar lebih banyak lagi melainkan ingin mencapai target tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini.

“Kami ingin menciptakan kegiatan yang bernuansa internasional di outbound ini, maka kami mengundang beberapa mahasiswa asing dari beberapa negara, dengan harapan peserta dari Indonesia dapat langsung berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa asing dari berbagai negara yang sedang menempuh studi di Darmajaya,” harap Rahmalia

Kegiatan ini juga dibekali dengan sesi diskusi mengenai bagaimana para pelajar/pemuda menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan persaingan global oleh Kepala KUHI. Satya Bhanu Prasad Undrajavarapu, mahasiswa magang asal Tata Intitute of Social Science India juga berbagai pengalaman bagaimana para pemuda India menyiapkan diri mereka untuk bersaing di tataran internasional. Tak hanya itu saja Kepala UPT Bahasa Darmajaya, M. Dwiyan Aditiya juga berbagi pengalaman kepada peserta mengenai pentingnya belajar bahasa asing untuk menghadapi tantangan global.

     Selanjutnya peserta diajak untuk melatih kekompakan, kreatifitas, kepemimpinan, dan komunikasi melalui pemaparan tentang permainan armagedon, dancing pipe dan splash water.

Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr. Andi Desfiandi, SE., MA mendukung kegiatan ini agar diselenggarakan setiap tahunnya. Selain membantu mahasiswa dan para pelajar untuk merasakan atmosfer internasional, kegiatan ini juga menjadi salah satu promosi bahwa kampus biru Darmajaya mempunyai jaringan internasional yang luas sehingga bagi calon mahasiswa atau mahasiswa yang ingin merasakan studi luar negeri, Darmajaya bisa mewujudkannya.

“Saya mendukung kegiatan ini untuk dilaksanakan setiap tahunnya dimana tahun ini merupakan kegiatan yang ke3. Besar harapan saya tahun depan akan semakin banyak pesertanya dan juga semakin banyak negara-negara yang terlibat,” harapnya (*)