Darmajaya, Kunjungi 4 Universitas di Taiwan

Taiwan – Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya perkuat kerjasama internasional dengan mengunjungi 4 kampus di Taiwan yaitu Kampus Shieh Chien University (SCU), Tunghai University, National Cheng Kung University (NCKU) dan Cheng Shiu University (CSU), (31 Juli – 04 Agustus 2017).

Ikut dalam rombongan Rektor Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc yang didampingi Sekretaris Yayasan Alfian Husin, Ulfianty Shanty, dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Rahmalia Syahputri.

Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc dalam rilis Darmajaya mengutarakan, “Kunjungan ini dalam rangka visi Darmajaya yang ingin masuk dalam 100 peringkat besar terbaik di Indonesia di tahun 2020. Sehingga Darmajaya terus menjalin kerjasama internasional dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di Darmajaya baik itu dalam kualitas pengajaran layanan, penelitian, dan kreativitas mahasiswa.”

Saat berkunjung di Kampus Shieh Chien University (SCU), Rektor Darmajaya disambut oleh Michael J. K. Chen selaku Presiden SCU. Dalam sambutannya siang itu ia mengutarakan senang bisa bekerjasama dengan kampus Darmajaya. Ia juga menjelaskan saat ini kampus SCU menerapkan inovasi dan spesialisasi dalam pengembangan perguruan tingginya sehingga mendapatkan predikat Teaching Excelent University oleh negaranya, mahasiswanya pun dituntut untuk mempunyai keterampilan yang nyata, mandiri, dan kreatif.

 “Untuk sarana dan prasarana di SCU, disini juga menyiapkan tempat ibadah untuk mahasiswa yang beragama muslim. Tak hanya itu kantin yang menjual makanan halal juga tersedia di kampus ini, sehingga bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi lanjutnya baik itu program joint degree, student mobility, maupun gelar penuh tidak perlu khawatir,” ungkap Michael J.K.Chen

Dalam lawatan tersebut Darmajaya dan SCU menyepakati kerjasama program internasional meliputi pertukaran pelajar, gelar ganda, kunjungan tenaga pengajar dan pengembangan inkubator bisnis dan teknologi, dan pusat pelatihan.

Hal ini disebabkan kedua perguruan tinggi ini memiliki kersamaan dalam bidang ikubator sebagai pusat inovasi, pusat pelatihan yang dapat mengeluarkan sertifikat internasional, dan program studi yang memiliki kelas yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Sedangkan kerjasama yang terjalin dengan Tunghai University, tidak hanya program internasional saja tetapi juga tentang mengembangan menerapkan mobile learning (m-learning) yang akan diterapkan di Darmajaya mulai tahun ajaran baru 2017/2018.

Darmajaya di Taiwan

M-learning dan virtual lab merupakan sistem yang dikembangkan oleh dosen Darmajaya sejak tahun 2016 untuk mendukung spaceless dan timeless pembelajaran dan didanai melalui hibah penelitian antar perguruan tinggi (PEKERTI) Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) selama 2 tahun.

“Sistem M-learning dan virtual lab dikembangkan oleh dosen lulusan Darmajaya yaitu Rahmalia Syahputri (Program Studi Teknik Informatika) dan Nurfiana (Program Studi Sistem Komputer), itu merupakan hal yang membanggakan bagi kami, serta menjadi pembuktian keseriusan Darmajaya untuk menjadikan perguruan tinggi yang unggul di bidang komputer,” ungkap Firmansyah dalam rilis Darmajaya

Dekan Kantor Program dan Pendidikan Internasional Tunghai University, Hong-We Yang yang ikut menyambut Rektor Darmajaya dan rombongan mengutarakan bahwa kampus ini mempunyai kesamaan dengan Darmajaya.

“Tunghai University juga menginplementasikan sistem m-learning. Sehingga kerjasama dengan Darmajaya tidak hanya pada bidang pertukaran mahasiswa dan dosen saja, tetapi dikembangkan ke bidang penelitian bersama, pengembangan pusat teknologi informasi, dan komunikasi khususnya sitem informasi akademik terpadu,” kata Hong Wu Yang dalam rilis Darmajaya

Dalam diskusinya perwakilan dari Tunghai University juga mengundang Darmajaya untuk mengirimkan Dosen untuk mengajar bahasa Indonesia, mereka sangat terkesan dengan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang telah diterapkan Darmajaya sejak 2015 melalui program internasionalnya.

Dalam lawatan selanjutnya di Chen Shiu University (CSU), Darmajaya menjalin kerjasama dalam bidang meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa dan dosen (joint research), keragaman penelitian, serta publikasi internasional. Dalam kerjasama ini CSU menunjuk professor terbaiknya untuk membimbing mahasiswa Darmajaya.

WhatsApp Image 2017-08-06 at 09.21.45

Dalam sambutannya Dean of the office of research and evalution, Dr. Jenny Kung yang merupakan cucu dari pendiri perguruan tinggi tersebut merasa bangga dengan kepercayaan yang diberikan Darmajaya.

“Chen Shiu University dan Darmajaya memiliki kemiripan sejarah dan misi internasionalisasi. Sehingga saya optimis kedua perguruan tinggi ini bisa menjadi sister university,” ungkap Dr. Jenny Kung dalam rilis Darmajaya

Menurut Rahmalia Syahputri selaku Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional Darmajaya mengemukakan bahwa kerjasama antara Darmajaya dan CSU akan dimulai tahun ajaran 2017/2018. Darmajaya akan mengirimkan 1 mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen dan 4 mahasiswa Prodi Akuntansi untuk menyelesaikan skripsi dibidang manajemen keuangan, corporate social responsibility, perbankan, dan saham.

Dr. Andi Desfiandi, SE., MA selaku Ketua Yayasan Alfian Husin memberikan apresiasi positif atas terjalinnya kerjasama dengan kedua kampus di Taiwan, menurutnya Darmajaya harus bisa mengimplementasi dan realisasikan kerjasama yang sudah tertulis dalam Momerandum of Understanding (MoU).

“Kerjasama ini akan memperkuat Darmajaya dalam mewujudkan impiannya untuk masuk ke peringkat 100 besar Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 2020, dengan terjalinnya kerjasama program Internasional dibeberapa kampus luar negeri dan dibukanya kelas Internasional di tahun ajaran 2017-2018 akan meningkatkan kualitas dan mutu Darmajaya di dunia pendidikan,” kata Andi